Bagaimana Pria & Wanita Merasakan Daya Tarik

Secara sadar atau tidak, orang asing dapat mempengaruhi persepsi pria/wanita tentang daya tarik lawan jenisnya. Secara biologis dan sosial, persepsi seseorang tentang daya tarik lawan jenisnya dapat dipengaruhi oleh orang lain.

Sebagai contoh, sebuah penelitian di Amerika Serikat mencoba membuktikannya. Para peneliti mengambil sampel berupa photo pria-pria yang dinilai sama-sama menarik menurut versi sekelompok wanita. Kemudian, sampel itu dibawa ke kelompok wanita yang lain. Pada kelompok

wanita yang satu ini, para peneliti meletakkan photo-photo tersebut di meja. Photo –photo tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, sebagian diletakkan di sebelah kiri, yang lainnya di sebelah kanan. Di antara kedua kelompok photo pria tersebut, para peneliti menyisipkan photo seorang wanita yang tersenyum menghadap ke salah satu photo pria yang di bagian kanan.

Kelompok wanita yang diuji tersebut cenderung memiliki persepsi bahwa photo pria yang disenyumi oleh wanita dalam photo tersebut lebih menarik daripada pria yang lainnya. Persepsi daya tarik mereka tentang pria cenderung dapat dipengaruhi oleh persepsi wanita lain.

Cara yang sama juga diterapkan pada pengujian terhadap sekelompok Pria. Hasilnya justru terbalik, Pria cenderung memandang wanita cantik lebih kurang menarik perhatian jika dikelilingi oleh beberapa pria tampan. Hal ini memperlihatkan watak pria yang cenderung tidak suka dengan persaingan dalam merebut seorang cewek.

No comments:

Post a Comment